Wednesday, January 28, 2015

Betapa Susahnya 'Prosedur' di Negara Timur Untuk Dapatkan Pasangan

Central Park
Sabtu
17 Januari 2015

Sore itu entah kenapa aku pengen banget ketemu dan kongkow dengan temen-temenku. Akhirnya aku ke group dan ajakin janjian. Tp ternyata hanya ada 2 org yg bisa, Dian dan Philip.

Jam 6.15 sore aku ke konter tempat Philip kerja, dia bagian marketing di Soho. Sambil nunggu Dian dateng, aku ngitarin stand-stand deket situ. Waktu Philip BBM klo Dian udah dtg, aku pun lsg ke standnya Philip lagi.

Sebenernya waktu itu aku liat Philip capek banget, di bawah matanya item banget dan muka pucat. Tp aku pkr karena dia putih makanya emang gitu kali, pikirku

Baru nanya-nanya mau makan dimana, ada org yg pengen nanya-nanya tentang Soho. Akhirnya aku dan Dian ke ATM dl. Kata Dian sih, Philip pengen makan Sushi Tei. Jadi aku BBM Philip nyusul kami di sana. Ga taunya antrian sampe 24. Wew, kami jadi pindah ke Ta Wan yg antriannya cm 6.



Selama ngantri itulah, kami cerita ngalor ngidul. Dian cerita ttg saudaranya yg ditentang keluarga untuk pacaran dg cowo tertentu. Dari situ Philip kemudian me-list data-data yg perlu orang Timur lakukan agar bisa jadi suami istri. Aku ga ingat persis sih tp inilah kurang lebih datanya :
1. Tahap mencari
2. Tahap kenalan
3. Liat apakah ada chemistry
4. Liat apakah dia sesuai tipe
5. Pdkt
6. Keluarga harus setuju lebih dahulu karena keluarga masih pengaruhnya gede
7. Pacaran
8. Saling mengenal
9. Menentukan tanggal pernikahn
10. Urusan nikah, keluarga jg hrs dilibatkan karena begitulah adat Timur
11. Jadi suami istri pun kadang keluarga jd faktor yg menentukan kelanggengan

Intinya klo mau jadi suami istri prosesnya panjang jg. Jd salut sama yg udah merit :) Emang listnya terasa sedikit konyol ya tapi begitulah budaya Timur, beda banget dengan Barat yg serba gampang, malah mungkin terlalu gampang. Tp mgk inilah juga penyebab mengapa aku blm merit2 yak #justasking #justthought

Kalau diingat-ingat lagi, aku miris sendiri. Andai waktu itu kami ke Sushi Tei yg lagi Philip idamkan, mungkin aku bisa merasa sedikit lega.

Mirisnya lagi, Philip ga akan merasakan jalur panjang yg dia list untuk bisa jadi seorang suami karena dia sendiri sudah ga ada di dunia ini

Jadi 9 hari setelah kami ketemu, dia masuk icu karena demam berdarah stadium 4. Dua hari setelahnya, dia dipanggil Bapa pulang.

Kehidupan manusia begitu singkat ya. Aku ingat pertama kali ketemu dia, kami karaoke bareng. Pulangnya, dia yg harusnya pulang ke arah berlawanan, mau nganterin aku sampe ke depan gerbang yg menuju transjakarta. Aku minta sama Tuhan untuk melakukan mujizatNya tapi yg Dia lakukan malah memanggilnya pulang.

Aku ga tau gimana perasaan mama papanya saat ini. Tadi pagi ketika melihat anak mereka sudah tak ada lagi nafasnya. Gimana bisa? Tapi aku berdoa semoga Tuhan berikan mereka kekuatan dan tetap bersandar sama Tuhan. Anak mereka udah sama Tuhan di surga dan suatu hari lagi mereka akan berkumpul. Ga ada lagi dukacita, hanya sukacita semata, sakit penyakit pun lenyap. Mungkin aku jg bisa denger list-list unik lainnya yg dibuat Philip.

Tribute to my friend
Philip Kristanto
1983-2015

No comments:

Post a Comment