Saturday, July 28, 2018

Kenapa Jerawat Kebanyakan Ada di Wajah Sehingga Menyebabkan Tidak Pede?

Jerawat terjadi pada siapa saja, dari semua kalangan dan jenis kelamin. Tidak ada orang yang tidak pernah berjerawat. Jerawat adalah sesuatu yang pasti, sama seperti akan ada kehidupan dan juga kematian. Seringkali, masa-masa puber adalah dimana seseorang mengalami banyaknya jerawat. Ini membuat yang bersangkutan seringkali tidak percaya diri.

Kok bisa ya ada jerawat? Kenapa sih harus di muka? Meskipun ada juga sih yang di punggung, leher, dan dada, tapi jerawat di muka itu yang paling sering terjadi, bikin kita jadi ga percaya diri.Kenapa ga ada di bagian tubuh yang lain biar bisa kita sembunyikan?  Nah, ini dia jawabannya :

Jerawat adalah suatu kondisi kulit dimana pori-porinya tersumbat oleh kotoran sehingga menimbulkan kantong nanah dan atau kantong yang berisikan kotoran yang menumpuk. Kemunculannya sendiri merupakan perubahan hormon di dalam tubuh sehingga menyebabkan timbulnya kelenjar minyak di kulit, menurut Kligmann pakar jerawat.

Adapun kelenjar minyak banyak diproduksi oleh wajah dan juga rambut. Kelenjar minyak yang menumpuk di wajah dan ditambah dengan kotoran seperti debu dan asap, membuat minyak jadi tertutup kotoran. Kotoran tersebut jika dibiarkan terlalu lama di wajah, akan menyerap ke pori-pori dan membuat kulit jadi iritasi. Maka timbullah jerawat.

Itulah sebabnya, jerawat paling banyak ditemukan di wajah. Selain karena hormon, jerawat banyak timbul karena kita tidak membersihkan wajah dengan benar.

No comments:

Post a Comment