Wednesday, October 1, 2014

Cara Ajarkan Anak-Anak Cinta Produk Lokal

Mencintai produk lokal harus dilakukan oleh semua masyarakat di bangsa ini. Permasalahannya saat ini adalah kita dari kecil tidak ditanamkan nilai-nilai tentang hal itu. Bahkan, kita seringkali tidak tahu mana saja yang merupakan produk lokal, asli Indonesia. Untuk itu, sebagai orangtua kita sebaiknya mengajarkan anak-anak untuk mencintai produk lokal. Berikut tipsnya :
Orangtua Tahu Produk-Produk Lokal Lebih Dahulu
Jika orangtua sendiri tidak mengetahui apa saja produk lokal Indonesia, bagaimana mungkin bisa mengajarkan pada anak untuk mencintai produk-produk dalam negeri.
Tahu Manfaatnya dan Memang Baik
Namanya juga produk lokal, ada kalanya kurang dikenal sehingga tidak tahu manfaatnya secara keseluruhan. Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa manfaat yang ditawarkan suatu produk.
Mendatangi Pameran Bertema Cinta Produk Lokal Bersama Anak
Untuk lebih mendalami hal ini, tentu belajar langsung dengan mendatangi pameran bertema cinta produk lokal bersama anak akan sangat membantu. Hal ini akan membuat anak mengerti bagaimana usaha yang dilakukan, apa saja yang perlu dipelajari di sana, dan berikan juga arahan masa depannya nanti. Karena anak adalah generasi penerus usaha.
Kenalkan Kekayaan Indonesia
Ada banyak kekayaan Indonesia yang belum dieksplor dan dilestarikan. Produk-produk yang berhubungan dengan hal tersebut pun belum banyak dibahas. Hal ini sangat penting untuk dikomunikasikan kepada anak-anak. Biarkan mereka melihat dan mencintai negeri mereka ini.
Berikan Pengertian Apa Manfaatnya dengan cinta Produk Lokal
Apa manfaatnya dengan mencintai produk lokal? Tentunya dengan membeli produk lokal sendiri, sirkulasi uang akan mengalir ke dalam negeri sendiri dan bukannya ke negeri orang lain. Karena perputaran uang tersebut, mengakibatkan Indonesia mempunyai bisnis yang maju dan kompetitif karena banyak pembelinya. Hal ini tentunya mendatangkan kesejahteraan buat masyarakat.
Membeli Produk Lokal Secara Konsisten
Terakhir dan yang paling penting, belilah produk-produk yang memang Anda pakai dan tahu manfaatnya itu secara konsisten. Lama-kelamaan anak-anak akan mengikuti jejak Anda sebagai orangtuanya dan akan membeli produk yang sama saat dia dewasa, terutama jika produk tersebut memang bermanfaat untuknya.
Memang di Indonesia belum banyak orang yang sadar akan hal ini dan belum tahu produk-produk apa saja yang merupakan produk lokal. Tapi dimulai dari suatu keluarga ke keluarga lain, percayalah bahwa cinta akan produk lokal akan menambahkan devisa bagi negara dan hal itu berarti kesejahteraan masyarakat meningkat.

No comments:

Post a Comment