Friday, February 8, 2013

Tritunggalnya Allah

Awalnya aku juga bingung, kenapa ada satu Allah tapi disebut Tritunggal. Kalau satu ya satu, masa ada tiga lagi. Aku bingung banget dan aku tahu banyak orang juga yang bingung tentang hal ini. Beberapa hari yang lalu, aku baru menemukan jawabannya. Hei, jawabannya ternyata ada di dalam kehidupan kita.

Ambil contoh saja tubuh kita ini. Di dalam tubuh kita ini, semuanya tidak disebut sebagai tubuh saja, ada yang disebut tangan, kaki, mata, mulut, gigi, ataupun sebutan lainnya. Tapi bila bicara tentang keseluruhan, kita sebut sebagai satu hal : TUBUH. Contoh lainnya : tangan. Tangan adalah keseluruhan tangan manusia tapi ketika dipisah, ada yang disebut jari, telapak tangan, bulu tangan, kulit tangan, atau juga tulang. Contoh lain lagi adalah pohon. Pohon itu punya daun, cabang, ranting, akar, ataupun buah. Tapi mereka semua satu kesatuan yang disebut sebagai pohon. Entah itu pohon jeruk, pohon beringin, pohon apapun itu.

Nah, jika begitu halnya, aku rasa ini hanya permasalahan istilah saja. Ga perlu bingung dengan Tritunggalnya Allah. Allah ya tetap satu. Kita bisa sebut Dia sebagai Yesus, Roh Kudus, sebagai Bapa, sebagai Tuhan, atau sebutan lainnya yang biasanya kita sematkan pada-Nya. Itu tidak jadi masalah. Jadi, jangan bingung lagi yaah, semoga diberkati oleh pemikiran sederhana ini.

No comments:

Post a Comment