Tuesday, October 21, 2014

Arti Nama Joko Widodo dan Padanannya dengan Indonesia


Nama Joko  Widodo, presiden ke-7 Indonesia mungkin terdengar biasa saja sampai kamu tahu apa artinya. Joko adalah nama yang umum dipakai oleh orang Jawa, tapi apakah artinya? Joko berarti seorang lelaki muda atau anak muda yang sukses. Widodo sendiri berarti sejahtera, teguh, bijaksana. Nama Widodo berpadanan dengan kata pengaruh dan kekuasaan.

Dan itulah yang terjadi saat ini. Seorang Joko (pemuda sukses tukang kayu) menjadi seseorang yang memegang kekuasaan tertinggi di Indonesia (Widodo). Jika seorang pemuda yang memulai usahanya sendiri lalu sukses, berarti dia seorang yang cakap. Jika dia memegang tampuk kekuasaan, maka kesuksesan pun akan diraih. Apalagi jika kebijaksanaan itu ada di dalam dirinya dan dia teguh dalam memegang prinsipnya. Itulah impian yang diharapkan oleh masyarakat Indonesia.

Indonesia butuh seseorang yang mampu mengubah Indonesia, itulah impian kita selama ini. Seperti Salomo (Nabi Sulaiman) yang bijaksana mampu mensejahterahkan tanah kelahirannya, begitu pula yang diharapkan pada Jokowi yang namanya pun memiliki arti kebijaksanaan.

Pada pundak Jokowi, ada harapan masyarakat agar Indonesia menjadi negara yang makmur sejahtera (sesuai sila kelima); melalui pemimpin yang bijaksana dan krunya sebagai wakil rakyat (sila keempat); dimana hal itu bisa terjadi karena salam tiga jari, tidak ada lagi perbedaan politik, kepentingan, ataupun hal-hal yang berhubungan dengan SARA sekalipun (sila ketiga); saat manusia adil dan beradab dengan arti kata lain korupsi yang terpenggal dan kepentingan rakyat yang diutamakan (sila kedua); dan bercermin / berpusat pada rasa takut akan Allah yang Maha Tahu (sila pertama).

Saya pribadi sangat berharap pada presiden Indonesia yang satu ini. Saya hidup dalam masa 5 presiden lainnya (kecuali masa pemerintahan Soekarno) dan saya sangat bersyukur telah bisa menikmati setiap keunikan masing-masing dari pemerintahan mereka. Saatnya, saya melihat Indonesia lebih maju, jauuuuhhhh lebih maju lagi di tangan presiden Jokowi. Selamat  bertugas Pak Presiden!!!

No comments:

Post a Comment