Wednesday, March 27, 2019

Buat Amplop Nikah Sendiri, Unik dan Sederhana Sekali, Lain Daripada yang Lain

Kamu diundang ke pesta pernikahan teman, tapi kamu ga punya amplop untuk tempat uang. Nah, kenapa ga buat aja sendiri? Buat amplop itu sebenarnya mudah lho. Kamu hanya perlu benda-benda umum yang memang udah ada di rumah.

Kertas :
Pilihlah kertas apa saja yang menurut kamu menarik, bahkan kertas polos pun tidak apa. Jenis kertas lainnya yang bisa kamu gunakan seperti kertas krepe, kertas kado, kertas origami, atau kertas lainnya. Untuk warna, usahakan pilihlah warna merah atau warna sesuai tema pernikahan yang mengundang kamu.

Aksesoris :
Kamu bisa tambahkan bentuk menarik di kertas tersebut, jika kertasnya polos. Jika sudah punya motif, cukup tambahkan pita agar menarik. Kamu juga bisa tambahkan penjepit kertas yang telah dibentuk hati seperti pada gambar di bawah :


Di sini saya menempelkan keempat sudut kertas dengan lem dan kain sebagai aksesorisnya. Sederhana sekali bukan?

Perekat :
Gunakan lem, double tip, selotip, bahkan nasi jika itu yang hanya kamu punya. Berpikirlah sekreatif mungkin. Jangan terbatas pada apa yang ada tapi berkreasi terus.


Cara Membuatnya :
1. Gambarlah rangka amplop pada sebuah kertas yang ingin kamu pakai sebagai kertas dasar dari amplopmu. Di gambar bawah, saya memakai amplop yang tegak lurus. Uangnya tidak perlu ditekuk namun bisa masuk ke dalam amplop. Yang penting panjang dan lebarnya melebihi lebar dan panjang uang.
2. Di gambar bawah ini, saya tidak memakai tepian kertas untuk menutupi sisi kiri dan kanan, namun memakai kain pada kiri kanannya masing-masing dua kain. Jika ingin menggunakan tepian, gambarlah tepian pada kedua sisi.
 Jika ingin menggunakan tepian, buatlah seperti rangka di bawah ini :
3. Tekuk mengikuti garis gambar yang sudah kamu pilih. Sebelumnya, kamu juga perlu menggunting bagian yang berlebih. Buat jadi amplop dengan ditempelkan tepiannya ke sisi yang lain, jika tidak punya tepian, gunakan aksesoris untuk menempelkan tepiannya.

4. Tempelkan aksesoris pada amplop yang telah dirangkai. Saya menggunakan binder klip yang telah dibentuk hati untuk penambah manis. Cara untuk membuat binder klip bentuk hati mudah sekali. Pegang bagian tengah klip, tekuk kanan dan kiri klip dengan saling mendekat. Nah, klip bentuk hati sudah langsung jadi deh.



5. Amplop kamu siap dipakai.

No comments:

Post a Comment