Wednesday, July 28, 2010

Hubungan antara Gorengan dan Selumbar

Hari ini, aku dapat pengalaman sederhana tapi cukup bermakna. Kan hari ini aku beli gorengan banyak banget. Biasanya kalau pisang goreng dijual juga aku beli banyak, karena aku suka pisang goreng. Selama makan itu, kami ngebahas soal penyakit dari kolesterol, diabetes, dan juga penyakit ringan-ringan.
Sampailah pada pembahasan tentang gorengan. Kalau bisa dibilang, dalam 1 minggu aku hanya makan gorengan 3 kali, itu dengan catatan ada pisang dan hanya 2 buah gitu. Nah, pas aku hari ini beli sekitar 8 (ckckckck, cewek yang banyak makan gorengan juga ya), aku diomelin. Aku dibilang suka makan gorengan mulu, dari pagi sampe sore, dan itu bisa menyebabkan kolesterol.
Waktu kubilang aku hanya sesekali doang makan, semua pada ga percaya kecuali satu orang (yang notabene orang ini selalu makan siang bareng aku dan tahu banget aku makan apa). Sedih deh rasanya dituduh begitu, hik hik hik.... Walau aku tahu, tujuan mereka baik...
Eh, tapi di sini aku bukan mau curhat ya, tapi aku dapat sesuatu. Bener banget deh pernyataan berikut ini. "Kalau orang yang sekali aja berbuat kesalahan, maka kesalahannya itu akan diingat selamanya dan semua kebaikannya terlupakan."
Apa hubungannya dengan gorengan? Nah, itu dia. Tiap hari kalau aku makan makanan sehat, semuanya biasa saja tuh, tapi pada saat aku makan gorengan semua langsung cuap cuap. Aku lalu mulai melihat hatiku dan pikiranku. Aku sebagai manusia, juga melakukan hal yang sama. Aku lebih sering melihat keburukan orang itu, tapi kebaikannya aku lupakan. Kan udah dibilang, "Balok di mata teman bisa lu liat, tapi selumbar di mata lu ga bisa..." Artinya, lebih suka melihat kejelekan orang lain daripada kebaikannya dan malah ga nyadar diri...Wah, parah banget deh manusia kayak gini. Nah, masalahnya aku juga kayak gini nih..
Gimana dong? Ga bisa kayak gini terus kan? Ga mungkin juga aku melakukan kesalahan yang sama mulu...Di sinilah pikiran benar-benar harus distir. Setiap mikir jelek tentang orang lain, langsung ubah jadi hal yang positif. Setiap kali merasa bisa segalanya, lihatlah masa-masa saat harus bergantung sama Tuhan, jadi biar tetap bergantung gitu. Setiap kali merasa super human, di-u turn biar balik lagi ke jalan yang bener...Semua itu harus kita waspadai setiap waktu karena dari pikiranlah semuanya itu berasal...God Bless

No comments:

Post a Comment