Friday, November 9, 2018

Makna Kehidupan di Balik Game Mobile Legend Bang-Bang

Selama dua bulan ini, aku udah ga nulis. Kayaknya jiwa menulis aku hilang diterbangkan angin. Aku coba cari inspirasi, rasanya ga ada yang kena di hati. Aku kehilangan reputasi, terutama di bidang ini. Sampe akhirnya aku sadar, harusnya aku berpegang saja pada apa yang ada sekarang. Saat ini, aku lagi menekuni craft, khususnya craft dari bahan bekas yang aku daur ulang. Nanti akan aku kasih ya hasilnya. Selain craft, aku juga lagi menekuni hobi baru yaitu main MOBILE LEGEND BANG-BANG. Cita-citaku mungkin suatu hari MLBB-ku bisa dijual, wkwkkwkwwk.

Aku belajar banyak dari MLBB, bahkan tentang kehidupan. Beneran???? IYA, beneran. Kalau kamu penggemar MLBB, kamu kudu simak ini. Kalau kamu bukan penggemar MLBB, aku usahakan sebisa mungkin membahasakan bahasa MLBB ke dalam bahasa sehari-hari. Ready? Goooo



1. Asah Skill / Talenta dengan Tekun
Setiap hero di Mobile Legend Bang Bang punya 3 skill utama dan ada juga skill pasif.

Skill pasif itu sama seperti apa yang ada di dalam kita sebagai manusia. Kenapa kita tahu kalau jatuh dari ketinggian itu bisa mematikan? Kenapa kita tahu kalau rambut itu warnanya hitam? Kenapa kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang jahat. Itulah skill pasif kita.

Namun untuk skill utama, semuanya itu harus dilatih. Kita ga bisa mengemudikan mobil kalau sebelumnya ga pernah belajar mobil. Manusia ga akan bisa ngomong bahasa manusia kalau ga dididik dari kecil, ya paling-paling bisa mengeluarkan suara aja. Nah, di hero MLBB 3 skill ini juga harus dilatih dari awal game. Jika tidak, maka kekuatan kita sama seperti bayi yang ga bisa apa-apa.

Jadi sama seperti kekuatan kita harus kita asah. Kalau nggak, kita tidak akan jadi hero yang kuat dan mampu mengalahkan musuh.

2. Carilah Equipment / Perlengkapan yang Benar
Equipment di dalam MLBB digunakan untuk melengkapi sang hero dalam bertarung. Ada equipment yang berguna untuk meningkatkan serangan, mempertahankan diri, menambah kecepatan berlari, dan lain sebagainya. Nah, kita perlu cari perlengkapan yang benar kalau nggak hero jadi lemah atau paling sering banyak matinya. Terutama jika kita baru memainkan hero tersebut. Kita belum asah skill, perlengkapannya juga ga benar, bisa-bisa kita jadi sasaran empuk melulu.

Perlengkapan yang kita bawa janganlah membebani kita. Misalnya saja, kepengen punya mobil. Kita sanggup untuk bayar cicilan mobil tersebut, tapi ternyata kita lupa bahwa ada biaya lainnya yang mengikuti yang tidak sanggup kita bayar. Itu malah akan membuat kita stagnan di suatu tempat.

3. Gunakan Spells / Refreshing dengan Baik
Semakin tinggi tingkat kita, semakin banyak spells yang kebuka dan bisa kita pilih untuk digunakan. Spells ini diberikan kepada hero manapun agar kita bisa selamat sekaligus menang dalam bertanding. Ada berbagai macam spell, misalnya flicker yang langsung membuat hero yang memakainya berpindah ke depannya sehingga musuh tidak bisa menyerang, ada spells yang buat tembakan kita semakin cepat, dll. Spells biasanya lama pulihnya, hanya bisa kita pilih satu dari antara belasan dan akan dipakai selama pertandingan. Spells ini akan kita pakai waktu keadaan darurat atau sentakan sementara saja.

Nah, dalam kehidupan pernah kan ya ada sentakan dalam hidup kita. Misalnya, tiba-tiba kita dapat bonus tambahan. Contoh sederhananya, kita butuh liburan. Tiba-tiba kita ingat kalau ternyata ada tanggal merah besok. Cepet-cepet deh pesen tiket dan terbang liburan ke Raja Ampat, hehehehe. Atau karena tanggal merah kita dikasih insentif kalau kita mau masuk kerja di hari itu. Nah, kamu tinggal pilih mau yang mana. Itu bonus tambahan yang selalu ada tiap tahun. Kadang bisa menyelamatkan kita dari kebosanan atau bisa membuat kita kehilangan jenuh yang memang tidak kita undang itu.

Jika ada saat-saat seperti ini, gunakan dengan benar dan bermanfaat buat jiwa raga kita. Kita akan di-refresh dan mampu keluar dari kepenatan untuk sementara waktu.

4. Pilih Emblem / Penambah Tenaga yang Paling Sesuai
Tiap hero dibagi menjadi beberapa bagian. Ada yang sebagai assasin, ada yang menjadi tank, support, mage, dll. Nah, kamu hero yang mana? Kalau kamu menjadi tank, kamu tuh berarti pertahanan satu tim. Tenaga kamu besar, dan kamu paling tangguh. Jika begitu, pilihlah emblem penambah tenaga yang paling sesuai dengan kamu. Jangan sampai salah.

Begitu juga kehidupan bukan? Kamu orangnya ga bisa bergadang, tapi maksain bergadang dan akhirnya sakit. Namun ada orang yang justru datang idenya saat malam menjemput. Nah, yang gini-gini perlu diperhatikan juga.


Akhirnya, kita semua adalah hero. Kita hanya perlu menilik diri kita dan membekali diri dengan kekuatan yang dapat menambah diri kita agar kita dapat menang satu tim, satu komunitas, satu keutuhan sebagai manusia. Selamat bertanding

No comments:

Post a Comment