Wednesday, December 21, 2016

Ngeblog dengan Dotcom Bisa Bikin Kamu Ketagihan


Siapa yang ga tahu bahwa dotcom adalah domain yang sangat mengasyikkan? Pertama kali aku mengenal internet, aku tahunya hanyalah tentang nama.dotcom, barulah kemudian bermunculan akhiran lain. Pertama kali aku buat website tulisan pun ada di di blogger.com ini.

Ceritanya adalah waktu itu dan juga sampai sekarang, aku senang nulis. Buat menuangkan apa yang ada di dalam kepalaku, aku pun mencari alat yang efektif. Dulunya, aku cuma nulis di buku harian, pernah buat jurnal ataupun buku cerita. Namun, ga pernah aku bagikan. Namun, akhirnya ada niat buat aku berbagi akupun mulai mencari.

Cuma aku ga ngerti nih, mau berbagi dimana. Bagaimana orang bisa banyak melihat. Lalu kemudian, sosial media mulai booming tuh. Jadi aku mencoba sosial media. Namun, memang tulisannya terbatas. Ga bisa panjang-panjang, sementara aku sendiri maunya yang panjang dong ya. Lagian, tulisannya abis itu ilang karena status orang lain.

Aku pun mulai mencari alternatif lain. Yang membuat aku kemudian mengenal blogger. Yang pertama, karena memang gratis. Namun, tujuan utamaku yang kulihat. Aku bisa memenuhi semua hasratku dalam menulis dan aku senang banget. Ya dari situlah aku mulai mengenal dunia internet. Dari suatu domain yang punya dotcom di belakangnya.

Ngeblog itu kemudian berkembang. Kita kemudian bisa beli domain dengan harga murah namun personal. Artinya, kita bisa pake nama yang kita mau tanpa nama yang ditetapkan lainnya. Dari situ pula kemudian bermunculan domain dengan dot yang lain seperti dotnet dan banyak lagi yang lainnya yang ga bisa disebutin di sini.

Sekarang ini, mudah banget buat ngeblog. Kalau aku sendiri, aku punya beberapa domain yang aku pilih dan rata-rata semuanya pake dotcom. Mengapa? Karena menurut aku, mau beli domain ini mudah banget apalagi kalau buat personal. Selama namanya tersedia, kita bisa beli dan pakai buat pribadi. Kalau yang lain, jauh lebih susah.

Mengapa? Domain lain punya banyak syarat kalau mau dibeli. Bahkan ada yang harus punya SIUP perusahaan. Sementara aku kan hanyalah seorang personal yang demen nulis. Jadi ya punya domain sendiri tapi ga ribet tentu jadi kesenangan pribadi.

Kira-kira ini nih keuntungannnya :
- Mudah dibeli karena persyaratan untuk bisa beli dotcom ga ribet
- Dikenal sejak dahulu kala sehingga secara otomatis pikiran orang akan sangat mengenal dotcom ini
- Terlihat lebih profesional karena memang dipakai banyak para profesional
- Dikenal oleh seluruh dunia

Uniknya, ketika aku sudah selesai nulis, aku pun tetap bisa membagikan tulisanku ke banyak orang lewat sosial media yang sudah disertakan di dalamnya. Jadi ya buat aku tambah senang dong ya buat bisa nulis.


Salah satu domain yang aku beli yaitu perjalananwisata.com. Di situs ini, aku mencoba menyalurkan hobiku yaitu traveling. Aku sih belum banyak menulis di situ karena rencananya mau ganti nama. Untuk menemukan nama unik, tentu punya keasyikan sendiri. Nah, setelah nama didapat, aku akan lebih fokus lagi akan dibawa kemana. Namun, domain ini membuat aku bisa lebih berekspresi dan mengemukakan apa yang ada dalam otakku.

Nah jadi ketika DotComForMe mengemukakan tantangan untuk nulis tentang dotcom atau dotnet ini, sangat mudah bagiku untuk menulisnya. Aku harap sih bisa menang ya. hehehehehe

Ke depannya aku sih berharap dapat memberikan yang terbaik lewat tulisanku. Aku ingin semua orang merasa senang berada di website yang aku bangun. Aku ingin banyak orang yang mulai menyadari bahwa menulis itu enak sekali dan lewat tulisanlah kita jadi banyak tahu tentang dunia lain. Tulisan pun bisa bersifat abadi. Selama internet masih ada, selama itu jugalah tulisan akan dicari. Apalagi kalau pakai domain yang bisa gratis seumur hidup.

Ayo mulailah mencari nama domain yang kamu suka, lalu belilah domain yang belakangnya dotcom ataupun dotnet, karena kedua domain ini yang paling terkenal, lalu buatlah kisahmu sendiri. Buatlah usahamu sendiri lewat domain tersebut, buatlah dirimu ataupun usahamu dikenal. Biarkan dunia melihat bahwa eksistensimu di dunia ini patut diperhitungkan.

#DotComForBlogging
Yuk ikutan!!!!

No comments:

Post a Comment