Wednesday, February 4, 2015

Ide Bisnis : EO yang Tak Pernah Terpikirkan Sebelumnya

Belasan tahun yang lalu, ketika saya baru mulai bekerja, saya mendapatkan ide ini. Ide ini sih nggak akan saya ungkapkan terus terang. Tapi apapun ide ini, ini bisa jadi kamu kembangkan jadi ide kreatif sendiri. Oke, akan mulai saya jelaskan.

Jadi, saya waktu itu adalah sebagai seorang administrasi di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan. Produk yang dijual adalah teh yang sehat, obat untuk kencing manis atau diabetes miletus (DM), dan semacamnya. Produk ini diproduksi dengan bahan alami. Untuk pengobatan DM, menggunakan buah mengkudu yang sudah diekstrak. Tehnya pun diproduksi sendiri dan bermanfaat bagi kesehatan. Ada pula untuk hipertensi. Kira-kira, itu sedikit latar belakang perusahaan tempat saya bekerja.

Di sana, saya seringkali mendapati kesulitan dalam menyesuaikan laporan dan kenyataan di lapangan. Karena bekerja sebagai administrasi yang menuntut kesamaan antara lapangan dan laporan, membuat saya harus terjun sendiri dan mengecek.

Seringkali, pencatatan yang tidak benar dari bagian gudang, menjadikan saya setiap bulan di tahun pertama saya bekerja harus datang dan lembur. Saya diharuskan 'bergaul' dengan barang-barang di gudang. Menyesuaikan data dan fakta merupakan pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu.

Belum lagi, saya juga menemukan kesulitan dalam mengecek data-data yang lama, apalagi jika data-data itu sudah berada di gudang. Data-data tersebut ditumpuk begitu saja. Alhasil, semua kardus pada akhirnya harus dibongkar dan dirapikan kembali.

Anda bisa bayangkan, berapa banyak waktu yang harus dibuang untuk itu. Belum lagi, saya masih harus menyusun laporan dan memperbaiki kesalahan input yang sebelumnya.

Saya pun jadi mendapatkan ide ini. Ide yang tentu saja akan meringankan sekaligus membuat lega orang-orang yang berhubungan di dalamnya seperti saya sebagai admin, penjaga gudang, maupun sales yang menanyakan kuantitas barang.

Yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini adalah
-Orang yang teliti
-Kesediaan berada di tempat yang lembab, basah, dan mungkin sangat... sangat...sangat kotor
-Pencatatan yang rapi
-Komitmen kepada perusahaan tertentu

Anda sendiri bisa mengembangkan ide ini dan menjalankannya dengan lebih baik lagi. Menurut saya, ini akan menjadi bisnis yang akan sangat menguntungkan, baik bagi Anda yang melakukannya ataupun bagi perusahaan yang menyewa Anda.

Selamat berkarya
Ini clue dalam bentuk gambar...


No comments:

Post a Comment