Monday, February 9, 2015

Ide Bisnis : Yang Dinilai Rendahan Jika Dikerjakan Profesional Akan Besar Dampaknya


Saya seringkali punya banyak ide yang ingin saya kerjakan. Ide-ide itu hanya pernah mampir di otak saya saja, artinya belum pernah saya coba. Tapi terus terang, sangat rugi rasanya kalau dikubur begitu saja. Karena itu, saya memutuskan untuk menuliskan ide ini di blog saya ini. Siapa tahu Anda yang membacanya, bisa mengembangkannya menjadi suatu ide yang brilian dan bisa diaplikasikan.

Bagi saya, ide-ide ini unik karena kebanyakan menjawab permasalahan orang yang tidak disadari oleh mereka. Tentu yang namanya ide, ada yang bisa didaur ulang, ada yang bisa diperbaharui. Seperti yang dikatakan Pengkhotbah, "Tidak ada sesuatu yang baru di muka bumi ini" Tapi asalkan kita penuh kreatif, saya yakin kita bisa melakukannya secara luar biasa.

Ide bisnis yang satu ini datang menghampiri saya ketika banyak orang yang mengeluh sewaktu hari raya besar agama terjadi. Biasanya apa sih yang terjadi saat itu?
-Banyak yang pulang kampung, terutama para asisten rumah tangga aka PRT
-Kota-kota besar jadi lengang
-Barang-barang pokok meningkat
-Kesibukan yang luar biasa bagi yang merayakan Hari Raya
-dan lain sebagainya

Nah, saat itu berkat yang paling enak tuh adalah TIDAK ADA MACET. Di lain sisi, ada masalah besar. Pertanyaan yang selalu muncul adalah "Apakah benar PRT gue akan pulang? Atau dia malah pindah ke 'lain hati'?"

Ternyata mereka tuh dibutuhkan banget ya. Sampe pada akhirnya mereka ga pulang lagi setelah hari raya, perasaan panik pun melanda. Cuapekkk juga lho jadi PRT ternyata. Nah, waktu mulai nyari lagi pasti butuh waktu dan bikin stres.

Pertanyaan saya adalah : Napa ga jawab pertanyaan mereka yang lagi stres dan butuh banget bantuan ini. Yang lebih penting lagi, kita harus profesional dong. Karena itu, untuk melakukan ide bisnis yang satu ini, memang ga diperlukan modal banyak tapi tuntutannya banyak.

Ini beberapa yang harus disiapkan :
-Training
-Cari orang
-Lisensi terpercaya
-Tahu market place
-Siapin satu tempat khusus

Btw, ada juga hal-hal yang perlu diperhatikan saat ingin menjalankan ide bisnis yang satu ini
-Resiko orang yang kita terima ternyata 'negatif' seperti melarikan diri, mencuri, dan lain sebagainya
-Resiko udah ditraining eh malah kabur
-Resiko dicomplain

Kalau kalian punya hati di bagian pelayanan yang excellent ini, maka cobalah lakukan. Kalau kita bisa menjawab kebutuhan orang-orang yang mencari ini, bisa jadi lho kita jadi berkat juga buat orang tersebut dan hidup pun jadi win-win solution deh

Tapi kalau kalian pikir ini jasa penyalur pembantu, tet tot.... kalian salah.. bisa jadi sih sebagiannya sebagai penyalur pembantu tapi bukan itu intinya... Coba tebak kira-kira bisnis apakah ini? Untuk bisa tahu, kalian perlu liat cluenya yaitu ada di :
-Judul
-Yang harus disiapkan
-Gambar

No comments:

Post a Comment