Sunday, February 15, 2015

Book Review : The Kite Runner by Khaled Hosseini


Khaled Hosseini merupakan salah satu pengarang yang luar biasa. Buku The Kite Runner yang diterbitkannya ini merupakan salah satu master piece yang ga akan terlupakan. Ini disebabkan ide ceritanya yang luar biasa dan cara dia bertutur.

Buku ini menceritakan karakter seorang anak bernama Amir, anak kaya yang ada di Kabul. Amir adalah seorang anak ceria yang punya teman karib bernama Hassan. Hassan sendiri sebenarnya adalah anak dari pelayan ayahnya.

Meski mereka sahabat sejati, Amir seringkali cemburu melihat perlakuan ayahnya yang sama baiknya kepada Hassan. Namun Amir seringkali mendongengkan cerita buat Hassan, meskipun Hassan hanyalah seorang anak pelayan yang berasal dari suku yang lebih rendah dari sukunya.

Kehidupan seorang anak Kabul yang penuh makna. Mereka akan bermain layangan bersama saat festival layangan diselenggarakan. Hassan selalu tahu kemana layangan yang putus itu akan berlabuh. Amir akan berusaha selalu jadi yang terbaik dan memenangkan kompetisi tersebut.

Sampai suatu hari, perang terjadi di sana. Saat pihak Soviet menjajah. Namun, ada satu kenangan yang tidak akan pernah dia lupakan. Bagaimana dia membiarkan sahabat karibnya sementara dia sendiri seringkali diselamatkan, bahkan Hassan rela mengorbankan nyawanya.

Saat itu, semua penderitaan dimulai. Rasa terkhianati, rasa takut yang mendalam, rasa kehilangan, rasa tak aman dan kegelapan yang mendera. Kerugian finansial yang tak terhitung, bagaimana harus menjadi pengungsi, bagaimana kehidupan tak lagi ramah.

Buku yang diproduksi tahun 2003 ini kemudian difilmkan pada tahun 2007. Meski hanya cerita fiksi, namun kisahnya terasa nyata, terutama karena ceritanya disusun sesuai dengan sejarah. Salah satu buku best seller yang sangat saya sukai.

No comments:

Post a Comment