Wednesday, August 1, 2018

Raja yang Bijaksana Berkeliling Daerah Kekuasaannya

Di jaman yang lampau, tersebutlah seorang raja yang begitu bijaksana dan baik hati kepada rakyatnya. Bukan hanya di kalangan rakyat, bahkan di kalangan binatang pun raja ini begitu terkenal baik hati.

Suatu hari, raja mengelilingi daerah kekuasaannya. Dia ingin melihat apakah ada dari rakyatnya yang membutuhkan pertolongan. Sewaktu berkeliling, dia melihat sang semut begitu kurus dan tidak bertenaga. Sang raja pun lalu bertanya kepadanya.

"Semut, mengapa kamu begitu kurus?"
"Wahai Tuanku Raja, hambamu ini bisa kurus begini karena kurang makan. Hamba susah mencari makanan untuk dimakan, Tuanku Raja."
"Oya? Kalau begitu, berapa banyak roti yang kamu perlukan untuk makan selama satu tahun?" tanya raja kepada semut.
"Raja, saya memerlukan satu buah roti bundar untuk makan saya selama setahun."
"Pengawal berikan satu buah roti kepada si semut ini." ujar raja kepada pengawalnya.
"Saya berikan kamu untuk persediaan selama setahun. Nanti tahun depan, saya akan datang lagi kepadamu." ujar sang Raja kepada semut.
"Terima kasih banyak Tuanku Raja. Saya sungguh berterima kasih untuk kebaikan Raja." kata semut sambil mengundurkan diri kembali ke sarangnya.

Raja pun melanjutkan perjalanan dan kembali meneliti adakah rakyatnya yang sedang dalam kesusahan dan memerlukan bantuan.

Singkat cerita, setahun kemudian raja kembali mengelilingi daerah kekuasaannya. Raja ingat kepada semut yang diberinya satu roti bundar. Maka raja pun ke tempat tinggal semut tersebut.

"Semut, semut apa kabarmu?" tanya sang raja
"Wahai Tuanku Raja, saya sangat sehat. Raja lihat sendiri bagaimana kondisi tubuh hambamu ini."

Sewaktu melihat semut, raja memang melihat bahwa semut tidak lagi kurus dan mukanya pun berseri-seri karena makan yang cukup.

"Tuan Raja, bahkan roti yang raja berikan setahun yang lalu, masih ada setengahnya."
"Ternyata dengan makan secukupnya, kamu bisa hidup dengan sehat ya semut. Bagus kalau begitu. Ini saya berikan kamu satu lagi roti bundar. Berikanlah kepada yang lain dan ajarkan mereka untuk hidup sehat." nasihat raja.
"Baik Tuanku Raja, titah Raja pasti hamba laksanakan."

Raja pun senang karena semut yang ditolong tersebut malah memberikan pengalaman yang baik untuk sekitarnya.

Didongengkan oleh Kue Kacang Merah

No comments:

Post a Comment