Thursday, August 4, 2016

5 Manfaat Bertengkar Lewat Tulisan Berdasarkan Pengalaman

Bertengkar itu memang ga mengenakkan. Sebuah film yang pernah kutonton mengatakan bahwa dua orang saling teriak karena hati mereka saling menjauh. Saat hati saling menjauh, saat itulah mereka bertengkar. Mereka berharap dengan bertengkar, hati dapat saling memahami tapi yang terjadi adalah kebalikannya.

Menurut aku, bertengkar itu emang bikin kita rugi sendiri, bertengkar berarti LOST-LOST SOLUTION. Namun, aku melihat dari pengalaman, bertengkar lewat tulisan itu ada manfaatnya lho. Ini dia manfaatnya :

1. Saat hati kamu udah adem, ambil waktu sendiri untuk baca tulisan pertengkaran tersebut, baik tulisan itu dalam bentuk wa, surat, bbm, messenger, line, dll. Baca hanya yang ditulis lawan saja. Kamu akan menemukan inti dari apa yang ingin dia ungkapkan. Ingat, sekalipun itu buat kamu marah, ambil bagian apa yang ingin dia ungkapkan

2. Saat kita membaca lagi tulisan tersebut, kita akan tahu orang macam apa lawan bicara kita. Seperti apakah dia ketika emosi dan seperti apakah kita menanggapinya. Ini buat pelajaran bagi kita untuk ke depannya bisa lebih baik. Laen kali kalau bertengkar, kita jadinya benar-benar bertengkar untuk hal yang perlu-perlu aja

3. Tulisan di pertengkaran, membuat kita menyadari bahwa lawan bicara TIDAK AKAN MENGERTI apa yang ingin kita ungkapkan, begitu pula sebaliknya. Saat bertengkar, tidak akan membawa hasil apa-apa. Jadi sadari hal itu dan gunakan kekuatan untuk menyabarkan diri dan menggunakan logika / kata-kata normal untuk mengungkapkan keberatan daripada mengajaknya bertengkar.

4. Tulisan di pertengkaran tersebut juga bisa mengungkapkan alasan-alasan di balik terjadinya pertengkaran. Apakah benar kita bertengkar untuk hal yang pantas diperdebatkan ataukah hanya untuk ego semata.

5. Kita jadi tidak cepat untuk berkata-kata, karena cukup susah juga untuk menulis cepat. Hal ini membuat kita sempat berpikir. Selain itu, hal tersebut tidak membuat kita saling teriak.

Semoga kelima manfaat ini dapat membuat kita jadi lebih dewasa dan mampu melihat kejadian lebih objektif setelahnya.

No comments:

Post a Comment